Sunday, August 19, 2007

Bug pada MacOS X



Barusan saya membaca beberapa artikel mengenai bug pada MacOS X. Disana dijelaskan bahwa telah ditemukan beberapa kelemahan Operating System ini dalam jangka waktu satu tahun terakhir. Dengan kelemahan yang dimiliki oleh Mac OS apakah Sistem ini masih lebih aman dari Windows?

Jika dilihat dari persentase penggunaan OS di dunia ini, Windows memiliki porsi yang sangat besar. Mungkin karena alasan tersebut, para pembuat virus lebih senang menggeluti Windows dibandingkan MacOS, karena pengguna awam rata - rata menggunakan Windows. Lagipula dukungan software pirated sangat besar pada Windows yang mengakibatkan banyak virus yang diselipkan ke dalam situs - situs pembajakan software dan semacamnya.

Selain itu, Mac OS memiliki fitur Software Updates yang akan selalu mengupdate sistem securitynya dan akan menambal lubang - lubang security pada sistem operasi ini. Sehingga dapat dikatakan bahwa untuk saat ini Mac OS cukup aman. Dikhawatirkan, dengan semakin bertambahnya pengguna MacOS di seluruh dunia, ancaman terhadap security ini akan semakin besar.

Dari artikel yang saya baca, saya melihat trojan, malware, dsb menyerang MacOS melalui software - software yang sifatnya open platform. Misalnya OpenOffice, Adobe Flash Player, Internet explorer 5.0 for mac, dan sebagainya.

Misalkan saja Worm pada OpenOffice. Worm tersebut berasal dari suatu OpenOffice (badbunny.org) yang akan menjalankan makro yang berbeda bergantung dari Operating System yang digunakan. Pada Mac OS, worm tersebut akan membentuk dua skrip virus menggunakan bahasa Ruby yaitu badbynny,rb dan badbunnya.rb. Pada Linux worm tersebut membentuk badbunny.py sebagai XChat script dan badbunny.pl sebagai virus Perl.

Tidak ada sistem yang benar-benar bebas dari virus dan malware lainnya. Selalu ada vurneralbility pada setiap sistem. Yang dapat dilakukan adalah terus mengupdate berbagai security system. Mirip seperti maling yang semakin pintar saja dari hari ke hari. Polisi juga harus semakin melengkapi diri dengan senjata yang makin canggih.

Jika banyak orang berpendapat Mac kebal virus. Pernyataan tersebut 100% benar jika Virusnya adalah virus untuk Windows. Lalu bagaimana dengan Virus atau Malware yang berjalan pada Multiplatform?

No comments: