Saturday, August 11, 2007

Apple Tanpa MacOS : Malas belajar, sekedar gaya, atau pamer


Kemampuan Mac untuk menjalankan hampir semua sistim operasi desktop yang ada di dunia dengan hadirnya Mac berprosesor Intel bisa dibilang pisau bermata dua; disatu sisi ia membantu banyak orang mengenal sebuah Mac, dan di sisi lainnya membuat banyak pengguna Mac menjadi "bukan" pengguna Mac. Dalam artian, masih banyak orang yang mengatakan "Apple saya kena virus" dan "Apple tidak semudah yang dikatakan orang-orang pengguna Apple" - yang mana kata-kata tersebut terlontar dari mereka yang jelas-jelas menggunakan Windows baik XP atau Vista di Mac, bukan menggunakan Mac OS di Mac mereka.

Saya juga merupakan pengguna Mac yang baru, namun saya berpikir ini adalah OS yang cocok untuk saya. Sebuah OS yang mengutamakan simpilicity, namun powerful. Saya ingin bercerita, beberapa teman saya di kampus juga menggunakan Macintosh karena memang merupakan fasilitas dari kampus untuk mahasiswa baru memilih sebuah notebook. Ada 2 merek yang ditawarkan disini. Apple macintosh adalah salah satunya. Saya sengaja memilh Macintosh karena berbagai rumor dan info yang saya baca di apple.com

saya agak terkejut ketika Apple training gratis di kampus sewaktu pembagian notebook. Petugas dari reseller juga mengatakan bahwa banyak orang yang membeli macintosh hanya untuk modelnya saja, tetapi isinya Windows. Memang sekarang sangat mudah untuk mengiinstall Windows kedalam Macintosh anda, tetapi Mac anda tidak akan berfungsi seperti bagaimana mestinya.

Dari beberapa teman saya yang memilih macintosh, 90 persen menginstall Windows melalui Boot camp. Menurut saya alasan kebanyakan orang menginstall Windows di Apple computer mereka karena Dukungan software yang banyak untuk Windows, sedangkan untuk macintosh agak sulit untuk mencarinya. Alasan ini diperkuat karena mereka masih senang memainkan game-game Windows yang memang bervariasi. Alasan yang kedua adalah mereka hanya mengejar bentuk yang menarik dari sebuah Macbook. Mereka akan terlihat bagus ketika menggunakan Apple. Alasan yang ketiga karena banyak sekali pengguna windows, sehingga mereka takut tidak bisa ikut bergabung dengan yang lainnya. Teman - teman saya senang sekali bermain warcraft dengan LAN. Hampir setiap hari mereka memainkannya. Beberapa dari mereka menggunakan macbook dengan Windows untuk bermain. Alasan keempat adalah malas untuk belajar Operating System yang baru. MacOS memang berbeda. Saya sudah merasakan sendiri bagaimana simplenya sebuah MacOS. Contoh sederhana saja. Untuk mengkoneksikan Wireless LAN atau wifi, di MacOS hanya perlu click pada logo seperti radar di sebelah kanan logo bluetooth (Macbook saya). Untuk windows, perlu setting lagi dan membuka beberapa Window baru.

Jangan salah, tulisan saya ini bukan untuk melawan keberadaan Windows atau "menyadarkan" teman-teman pengguna Windows. Saya tidak ada masalah dengan Windows ataupun Microsoft. Saya juga menggunakan Windows XP di PC saya. Memang beberapa Aplikasi krusial sifatnya "harus" dijalankan di Windows karena sudah "bersatu melekat" dengan Windows. Saya hanya ingin semakin banyak jiwa yang terbuka hatinya untuk mencoba operating system (bukan) alternatif seperti Mac OS. Buat yang mengalami masalah dengan Windows (karena tidak semua mengalami masalah - seperti mereka yang mengupdate setiap waktu dan memang "bekerja untuk Windows") ingatlah satu kalimat ini: yang kalian alami sekarang adalah sebuah pilihan.

Menggunakan Apple MacOS adalah sesuatu yang tidak normal, lain daripada yang lain.
Beranikah anda untuk turut bergabung dalam ketidaknormalan tersebut.
Sekali lagi, itu adalah sebuah pilihan

salam,


Robert



p.s. sumber inspirasi diambil dari dirgayuza.com
Thanks to dirgayuza.com

2 comments:

Unknown said...

wuah ini nmanya penurunan qualitas..,seharusnya mr.steve jobs mempertahankan Mac nya.....fuck with mac without apple...

ini ibarat org indonesia makannya ngak pake nasi.
ibarat mbo jamu jualan ngak pake konde...ibarat pamela tocil....huuh


hahh....freak..with gates

Robert said...

Om steve mungkin mau mengembangkan sayap.. he3. Tp skrg accesories apple jd murah lho.. dl kan eksklusif bgt.. Yah, ada untung, ada rugi