Tuesday, October 30, 2007

My Blogging Tips

Tak terasa sudah sekitar 3 bulan saya mengelola blog saya ini. Dulu saya berpikir keras bagaimana cara saya untuk mendapatkan pengunjung ke blog saya. Lama kelamaan saya mendapat sedikit jawaban tentang hal ini. Jadi bagaimana cara untuk membuat blog menjadi menarik dan bagaimana untuk menuis blog?

Kemarin malam seperti biasa, saya membaca beberapa artikel - artikel dan email - email yang cukup banyak di beberapa milis saya. Dari sana saya sering menemukan inspirasi baru untuk menulis sesuatu dalam blog saya. Jadi mulailah mencari beberapa site yang berhubungan dengan blog anda, Feed website tersebut sehingga anda akan cepat mendapatkan update dari mereka, dan ikuti milis yang sekiranya berhubungan dengan blog anda. Ini cara pertama.

Cara yang kedua adalah selalu melakukan promosi. Promosi yang mudah adalah seperti saya. Saya memiliki 5 alamat email di operator yang berbeda - beda. Isi dan peruntukan email tersebut juga berbeda - beda. Tetapi ada satu kesamaan dari kelima account email saya tersebut. Apa itu? Signature yang sama, yakni sebuah link ke www.thebantenz.blogspot.com. Jadi setiap saya mengirimkan email ke milis - milis saya, ke saudara dan kerabat, teman, ataupun rekan kerja dengan menyelipkan sebuah link ke blog saya. Cara yang mudah dan otomatis.

Selain dengan menyisipkan signature, saya juga aktif dalam beberapa forum - forum gadget dan Mac. Posting sesuatu yang berguna dalam forum tersebut dan sisipkan link anda dan mereka yang senang dengan postingan anda dalam forum tersebut akan berlomba - lomba masuk ke link blog anda. Penasaran apakah hal ini akan berhasil atau tidak? Percayalah karena kemarin orang yang voting di poll saya baru 5 orang. Sekarang?

Cara yang ketiga adalah jangan memaksakan diri untuk menulis. Menulis adalah sebuah seni menurut saya. Jadi bila memang tidak ada mood untuk menulis atau tidak tahu apa yang ingin ditulis, jangan menulis. Pembaca blog anda tidak akan suka dengan tulisan yang berantakan dan tidak karuan seperti tulisan saya malam ini. :-)

No comments: